Tips Untuk Sandwich Generation Agar Bisa Keluar Dari Hal Itu!

Kalo kalian adalah sandwich generation, kalian wajib baca tips untuk sandwich generation ini. Karena jadi sandwich generation itu berat kalian harus nanggung orang tua, nanggung keluarga, atau mungkin adik/kakak. Berdasarkan data dari Astra Life 48,7% masyarakat usia produktif di Indonesia adalah sandwich generation. Data tersebut diambil dari survei dengan koresponden sebanyak 1.828 usia produktif pada skala nasional di 34 provinsi.

Dampak Dari Sandwich Generation

Banyak banget dampak dari sandwich generation ini, contohnya adalah mereka banyak yang tidak bisa pensiun dini. Ada lagi yang terkena dampak seperti tidak bisa membeli rumah, pendapatan jadi mepet banget dengan pengeluaran. Tiap bulan kaya pengeluaran dan pemasukan kejar kejaran sampe bingung uangnya tuh kemana?.

Kalo kita browsing di google “solusi lepas dari sandwich generation”, “tips untuk sandwich generation” kebanyakan bilang “atur keuangan” “cari tambahan pemasukan”. Di youtube pun kurang lebih sama kaya gitu, gak banyak yang bahas tentang dua poin yang menurut kita tuh penting banget. Jadi generasi ini tuh ngerasa kalo kalian terpaksa keluarin pemasukan untuk membiayai keluarga atau siapapun itu. Padahal menurut kita topik ini harus dibahas lebih dulu sebelum kalian pasrah “yaudah gue atur keuangan untuk biayain mereka”. Topik yang emang susah dibicarain tapi harus dibicarain.

1.Yang Kalian Tanggung Itu Dalam Usia Produktif Atau Engga?

Kalo kita di tahap harus nanggung orang karena dia gak bisa menghasilkan uang atau karena hal lain. Ini adalah hal pertama yang harus dibicarain “apakah mereka di usia produktif atau engga?”. Sebelum kita memilih “yaudah gua transfer” lebih baik kita berusaha untuk membuat mereka menjadi produktif. Menurut kita ini adalah hal yang jarang dibahas, jadi misalkan sebelum kita kasih uang ke mereka. Kita coba ajarkan mereka mencari uang, entah itu bantu cari kerja, bantu mulai usaha, atau apapun itu yang menghasilkan uang.

Itu adalah hal yang menurut kita harus di eksplor atau cari celahnya sebelum kita pasrah untuk menjadi sandwich generation. Karena banyak banget orang yang menjadi tanggungan itu sebenernya masih dalam usia produktif. Tapi beda cerita kalo mereka udah gabisa kerja, lansia atau punya penyakit gitu, itu ya udah gabisa. Buat yang orang tanggungannya masih berada di usia produktif, luangkan waktu dan tenaga untuk bantu mereka menghasilkan uang. Sebelum kalian memberikan uang secara cuma cuma, karena akan menjadi lebih baik ke depannya untuk kedua pihak.

2.Kita Atur Keuangan Mereka

Sebagai sandwich generation kita harus baik dalam hal mengatur keuangan, tapi mengatur keuangan mereka juga hal yang penting. Apabila kalian selalu kasih uang ke mereka karena menurut kalian itu kewajiban, itu bagus. Tapi coba deh kalian tanya ke mereka sebenernya tuh mereka butuh biaya apa aja dan seberapa banyak. Apakah mereka punya aset yang bisa di likuidasi. Apakah ada hal hal lain yang bisa dioptimalkan sebelum kalian kasih uangnya. Misalkan kita kasih ke mereka 5 juta perbulan tapi gak digunain dengan baik akhirnya akan menjadi tekanan ke kalian. Dan pada banyak kasus seiring waktu akan meminta lebih dan lebih padahal kalian belum mampu untuk memberikan uang sebanyak itu.

Ajarkan Mereka Literasi Keuangan

literasi keuangan
ajarkan mereka literasi keuangan

Coba ajarkan siapapun orang yang kalian tanggung tentang literasi keuangan, bikin semua pencatatan. Misalkan kalo dikirim uang 5 juta itu dipake untuk apa aja, apa yang bisa dioptimalin. Dua topik di atas memang topik yang sensitif, karena mungkin mereka gamau ngebicarain hal itu. Mungkin juga mereka gamau orang lain tau soal itu atau dioprek oprek. Tapi sebenernya kalo kita ngebicarain dua topik tersebut sebelumnya kita terpaksa kasih uang 5 juta, jadi bisa berkurang menjadi 3 juta atau 2 juta. Dan itu akan meringankan beban kita sebagai sandwich generation, dan mungkin aja dengan pengurangan itu mereka seneng seneng aja. Karena kita bantu mereka menghasilkan uang dan bantu untuk atur keuangan mereka dengan baik.

Ini sebenernya konten opini aja, biar kalian bisa melek terhadap apa yang sandwich generation bisa lakuin. Kalo misalkan dua hal tersebut setelah dibicarain tetap harus dikasih uang sama kalian, yaudah berarti emang harus dilakuin. Kalo begitu kalian belajar cara manajemen keuangan, cari pemasukan tambahan. Kalian harus tetap semangat agar pelan pelan bisa mengurangi beban kalian atau bahkan bisa lepas dari hal itu.

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.