Sikap Dan Keterampilan Apa Yang Diperlukan Ketika Melakukan Wawancara Kerja

Dalam mencari pekerjaan ada beberapa faktor penting yang bisa sangat mempengaruhi kita dalam mendapatkan pekerjaan tersebut. Salah satu yang paling banyak diketahui orang adalah cv yang menarik, karena dari cv lah semua informasi tentang kita diketahui. Jangan salah cv yang menarik gak cukup bikin kalian untuk keterima kerja, ada hal lain juga yang harus kalian perhatikan. Hal itu adalah sikap dan keterampilan saat melakukan wawancara kerja. Tapi sikap dan keterampilan apa yang diperlukan ketika melakukan wawancara kerja? Yuk kita bahas!

Sikap Dan Keterampilan Apa Yang Diperlukan Ketika Melakukan Wawancara Kerja

Setelah kita lolos tahap pertama dalam mencari kerja yaitu sesuai dengan kriteria yang dicari. Selanjutnya kita akan dipanggil oleh HR perusahaan tersebut untuk melakukan interview kerja. Tahap ini sangat krusial karena dari sinilah HR menilai apakah kita benar benar orang yang cocok untuk mengisi pekerjaan tersebut atau tidak. Dan banyak justru yang gagal di tahap ini. Karena mereka gak tau sikap dan keterampilan apa yang diperlukan ketika melakukan wawancara kerja.

1.Sopan Santun

Sikap dan keterampilan apa yang diperlukan ketika melakukan wawancara yang pertama adalah sopan santun. Ini adalah sikap yang seharusnya kita miliki pada kondisi apapun karena ini adalah salah satu nilai penting dalam bersikap. Terutama pada interview kerja karena apabila kalian tidak menunjukkan sikap sopan dan santun besar kemungkinannya kalian gagal. Karena kalian akan terlihat seperti orang yang arogan dan semena mena dan itu akan memberikan kesan yang buruk. Hal kecil yang bisa menunjukkan sikap ini adalah dengan mengucapkan salam atau sapaan seperti “selamat pagi pak/bu”. Saat kalian bertemu dengan interviewer atau saat masuk ruangan wawancara, jangan lupa untuk tersenyum saat menyapa.

2.Duduk Tegak Dengan Pandangan Lurus Kedepan

Sikap dan keterampilan apa yang diperlukan ketika melakukan wawancara yang kedua adalah duduk tegak dan pandangan lurus. Kenapa ini penting? karena duduk tegak serta pandangan lurus akan memberikan kesan bahwa kita siap dan tegas. Kalo kalian duduk membungkuk itu akan memberikan kesan lain untuk interviewer. Karena duduk membungkuk itu memberi kesan lesu dan tidak semangat. Apakah harus duduk tegak sempurna? enggak juga yang terpenting kesan siap, tegas dan bersemangat itu terlihat. Perlu diingat jangan lupa untuk menaruh tangan diatas meja jangan sampai tangan kalian tidak terlihat oleh interviewer.

3.Melakukan Kontak Mata

Sikap dan keterampilan apa yang diperlukan ketika melakukan wawancara yang ketiga adalah melakukan kontak mata. Ini penting karena kontak mata menunjukkan kesan positif ketika kita sedang membicarakan sesuatu dengan orang lain. Jadi sebenernya melakukan kontak mata itu tidak cuma baik saat wawancara aja, tapi untuk mengobrol sehari hari pun sama. Perlu dicatat kalian jangan melakukan kontak mata setiap saat, karena bisa membuat orang lain risih atau tidak nyaman. Jadi sering lakukan kontak mata namun tidak setiap saat, batas wajar aja.

4.Komunikasi Yang Baik

Sikap dan keterampilan apa yang diperlukan ketika melakukan wawancara yang keempat adalah skill komunikasi yang baik. Ini adalah keterampilan yang wajib dimiliki minimal kalian berbicara dengan lancar tidak terbata bata. Karena terkadang berbicara terbata bata dapat memberikan kesan kalo kalian tidak terlalu mengerti dengan apa yang kalian bicarakan. Tips komunikasi saat interview, jangan terbata bata, pilih kata yang tepat, gunakan nada bicara yang stabil. Namun kalian selalu bisa untuk melatih cara komunikasi kalian dengan atau tanpa bantuan orang lain.

5.Aktif Bertanya

keterampilan yang kelima adalah aktif bertanya. Dengan kalian aktif bertanya kalian menunjukkan bahwa kalian memiliki ketertarikan dengan perusahaan tempat kalian melamar. Cari tau tentang perusahaan tersebut dan tanyakan hal hal yang kalian tidak tau atau tidak mengerti. Dengan begitu akan menunjukkan kesan bahwa kalian orangnya aktif dan tidak pasif.

6.Penampilan Menarik

Sikap yang keenam adalah penampilan menarik. Berpenampilan menarik selain itu lebih enak dipandang mata, itu juga menunjukkan sikap menghargai terhadap orang yang kita temui. Tipsnya adalah ketika mau melakukan interview kerja gunakan outfit formal terbaik kalian. Apabila ada dress code ikuti dress code itu.

Itulah tadi 6 sikap dan keterampilan apa yang diperlukan ketika melakukan wawancara kerja dari kita. Semoga artikel ini dapat membantu kalian yang sedang mencari kerja atau hendak melakukan interview kerja.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.