Minimal Pembelian Saham BCA, Ternyata Segini!

minimal pembelian saham bca
minimal pembelian saham bca

Siapa disini yang merupakan investor pasar modal Indonesia? kalian yang belum, buruan jadi salah satu investor di pasar modal Indonesia. Kalian yang masih awam mungkin bertanya tanya gimana sih cara jadi investor dan sebagainya. Atau juga ada yang masih bingung dengan mekanisme jual beli saham, tapi tenang aja di blog ini kalian akan dapet semua informasi itu. Jadi silahkan dibaca artikel artikel kita yang tersedia, untuk sekarang mari kita bahas minimal pembelian saham bca.

Saham Bank BCA

Bank BCA adalah bank terbesar di Indonesia dan merupakan bank swasta Indonesia, bank ini punya nasabah terbanyak di Indonesia. Mungkin kalian berfikir gimana sih cara membangun sebuah bank sampai sebesar itu? pasti susah banget kan. Tapi pernah nanya gak “ada gak sih cara untuk kita menjadi salah satu pemilik dari bank BCA?” jawabannya ada. Beneran ini gak boong sama sekali, beneran kalian bisa jadi salah satu pemilik dari bank terbesar di Indonesia, gimana caranya?.

Caranya yaitu dengan membeli sahamnya, hah kok gitu? saham secara definisi berarti surat bukti kepemilikan dari sebuah perusahaan. Jadi secara gak langsung kalo kalian membeli saham bank bca kalian merupakan salah satu pemegang sahamnya. Dengan arti lain kalian adalah salah satu pemilik bank bca, menarik bukan. Dan bank BCA sampai saat ini(maret 2022) masih menjadi perusahaan terbesar di Indonesia secara kapitalisasi pasar.

Cara Membeli Saham BCA

“Emang masyarakat biasa kaya kita bisa ya beli saham bank bca bukannya itu cuma buat orang kaya aja” Ini salah banget. Karena siapapun bisa membeli saham bank bca, tapi gimana cara membeli saham bca?. Yaitu dengan melakukan pembelian melalui perusahaan sekuritas. Pertama tama kalian harus daftar terlebih dahulu menjadi nasabah perusahaan sekuritas lalu setelah itu kalian bisa langsung membeli saham bank bca.

Minimal Pembelian Saham BCA

Setelah kalian tau cara membeli saham bca mungkin akan muncul sebuah pertanyaan. “berapa minimal pembelian saham bca? pasti gede banget ya, kan itu perusahaan besar”. Pertanyaan itu wajar banget karena memang saat ini bank bca masih menjadi perusahaan terbesar di Indonesia secara kapitalisasi pasar.

Tapi kabar baiknya saham bank bca itu gak semahal yang kalian kira lho, harganya cuma Rp. 7.925 per lembar saham(harga penutupan tanggal 24 maret 2022). Dan minimal pembelian saham bca itu cuma 1 lot atau 100 lembar saham. Cara menghitungnya 7.925 x 100 = Rp.792.500, Dengan uang segitu kalian resmi menjadi salah satu pemegang saham bca. Terjangkau bukan? dan jumlah saham perlot itu bisa saja berubah suatu saat, bahkan sudah ada wacana. Bahwa BEI akan menurunkan jumlah lembar saham perlotnya agar dapat meningkatkan volume transaksi yang terjadi. Kalo wacana tersebut direalisasikan artinya kita bisa membeli saham bank bca dengan harga yang lebih terjangkau lagi.

Apakah Saham Bank BCA Cocok Untuk Investasi Jangka Panjang?

Mungkin setelah kalian tau minimal pembelian saham bca, muncul pertanyaan baru lagi. “Saham bank bca nih cocok gak sih buat diinvestasikan jangka panjang?”. Kita samakan pemikiran dulu bahwa jangka panjang yang dimaksud adalah investasi yang dipegang sampai minimal 5 tahun. Sekarang jadi lebih jelas tentang jangka panjangnya, tapi untuk menjawab pertanyaan itu ada hal yang harus dipertimbangkan. Seperti profil resiko, jumlah uang dingin, gaya berinvestasi itu adalah hal yang tidak bisa disamakan satu dengan yang lain. Jadi kita akan melihat dari sisi industrinya, manajemen dan laporan keuangan.

Note : Ini bukan rekomendasi jual beli

Industri

Secara industri sektor perbankan sedang naik kencang, bisa dilihat dengan maraknya bank digital yang bermunculan. Bersaing satu sama lain demi memperebutkan takhta dalam dunia bank digital, bank bca pun tidak mau kalah. Walaupun bank bca saat ini masih menjadi pemimpin industri dalam dunia bank konvensial namun bank bca tidak diam saja dengan perubahan ke arah bank digital ini. Bank bca mengeluarkan blu by bca digital yang merukan bank digital dari bank bca. Dengan ini besar harapannya bahwa blu by bca digital mampu bersaing dengan bank bank digital lain dan mampu menjadi market leader di dunia bank digital. Dan dengan manajemen yang sudah sangat berpengalaman di dunia perbankan, sepertinya bca mampu untuk tetap menjadi pemimpin industri.

Laporan Keuangan

Kalian bisa mengunduh laporan keuangan, laporan tahunan serta paparan lainnya dari bank bca di website Bursa Efek Indonesia. kalo dilihat dari laporan keuangannya tahun 2021 kita bisa lihat bahwa ada kenaikan sekitar 4,2 triliun rupiah dan ini merupakan hal yang sangat positif. Dimana bank bca mampu menunjukkan bahwa mereka bisa bangkit dan mencetak pertumbuhan laba bersih lagi di tahun ini. Karena pada tahun 2020 kita tau bahwa covid-19 mulai mewabah sebagian besar industri yang ada terdampak dan termasuk industri perbankan.

Dampak covid-19 terhadap bank bca kita bisa liat di laporan keuangannya pada tahun 2020, dimana disana untuk waktu yang cukup lama. Bank bca menunjukkan penurunan laba bersih sebesar 1,5 triliun rupiah. Namun dengan keluarnya laporan keuangan tahunan 2021 dari bank bca merupakan sentimen yang positif karena menunjukkan sebuah pertumbuhan kembali.

Apakah berarti saham bank bca cocok di invest untuk jangka panjang?. itu balik lagi ke kalian masing masing, analisa diatas bukan merupakan rekomendasi jual beli. Dan analisa di atas tidak melihat secara detil jadi untuk itu, lakukan riset sendiri. Cari tau tentang bank bca luar dan dalam, lalu kalian pertimbangkanlah apakah saham tersebut layak di investasikan untuk jangka panjang atau tidak. Ingatlah jangan membeli saham karena mendengar omongan orang karena itu adalah uang kalian dan uang kalian adalah tanggung jawab kalian. Apabila untung kalian yang senang tapi apabila rugi kalian yang sedih.

Kesimpulan

Untuk pertanyaan utama yaitu berapa minimal pembelian saham bca sudah terjawab dengan jelas. Dan stigma stigma buruk tentang saham mahal/hanya orang kaya yang mampu itu adalah pemikiran yang salah. Jadi apabila sebuah perusahaan sudah menjadi perusahaan terbuka, itu tandanya siapa pun orang di Indonesia maupun orang luar dapat menjadi salah satu pemegang sahamnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.