Cara Mengatur Gaji Suami 2 Juta Per Bulan Dengan Baik!

Terkadang mengatur gaji suami 2 juta menjadi hal yang cukup sulit mengingat segala kebutuhan kita setiap tahun makin meningkat. Untuk saat ini uang 2 juta bukanlah jumlah yang besar apalagi kalo kita berbicara untuk kebutuhan keluarga selama satu bulan. Terasa sangat pas pasan tapi kita harus tetap bersyukur atas rezeki yang diterima saat ini sambil berusaha mencari rezeki lagi.

Cara Mengatur Gaji Suami 2 Juta

Dalam pembahasan cara mengatur gaji suami 2 juta perbulan ini kita akan memberikan tips untuk mengaturnya. Tips ini mungkin tidak akan cocok untuk semua orang karena mungkin ada perbedaan profil keluarga. Konteks keluarga yang kita bahas kali ini adalah suami istri yang belum memiliki anak. Apabila ada perbedaan profil kalian tetap bisa mengikuti karena tips ini lebih umum tentang mengatur uang, jadi bisa disesuaikan.

Kalian perlu tau dulu sebelumnya kalo kita ini bukanlah penasihat keuangan jadi jangan langsung ditelan mentah mentah. Apapun yang kita kasih tau ini merupakan pengalaman dari kita pribadi maupun orang disekitar kita. Selalu pertimbangkan kembali hal hal yang kita kasih tau untuk disesuaikan dengan kehidupan kalian.

Pertama kita harus perjelas dulu profil keluarga yang akan kita bahas, untuk kali ini profilnya adalah sebagai berikut:

1.Suami Istri belum memiliki anak.

2.Tinggal di kosan pinggiran kota dengan sewa perbulan 600rb/bulan sudah termasuk listrik.

3.Transportasi bulanan untuk suami kerja 300rb/bulan.

4.Tidak memiliki cicilan apapun.

Setelah tau dengan jelas profil keluarga yang kita bahas beserta jumlah pengeluarannya perbulan kita jadi lebih mudah untuk mengatur keuangannya. Dari keterangan diatas kita tau bahwa uang yang bisa kita “atur” itu bukanlah 2 juta melainkan 1,1juta rupiah saja. Penyebabnya adalah biaya sewa kosan dan transportasi bulanan untuk suami kerja sebesar 900rb/bulan sehingga tersisa 1,1juta rupiah. Bagusnya disini adalah mereka tidak memiliki cicilan apapun sehingga itu meringankan beban biaya bulanannya.

Cara Mengatur Uang Gaji 2 Juta

Dalam mengatur gaji suami 2 juta perbulan kita harus benar benar disiplin dalam pelaksanaannya. Akan percuma apabila kita sudah merencakan keuangan yang baik namun dalam pelaksanaannya tidak berjalan semestinya.

Berikut ini adalah tips dalam cara mengatur uang gaji 2 juta perbulan :

1.Catat semua pengeluaran dan pemasukan

Hal pertama yang harus dilakukan adalah mencatat semua pengeluaran dan pemasukan. Kenapa hal ini penting? karena dengan mencatat kita bisa tau kemana uang kita pergi dengan begitu kita tau cara mengatasinya. Gimana cara mengganti genting yang bocor kalo kita aja gatau genting mana yang bocor. Mungkin ini sulit dilakukan, bukan sulit mencatatnya tapi sulit untuk melawan malas mencatatnya. Namun sebenernya sekarang udah banyak banget aplikasi yang bisa memudahkan kita dalam mencatat keuangan jadi tinggal dilawan aja deh rasa malesnya. Percayalah kalo hal ini baik untuk dilakukan karena memiliki banyak manfaat yang nantinya akan kita rasakan apabila konsisten melakukannya.

2.Jangan membeli barang yang tidak benar benar kita butuhkan

Dari keterangan profil diatas kita tau kalo sisa uang bulanan yang tersisa sangatlah terbatas jadi harus bijak dalam menggunakannya. Kalian harus bisa untuk membedakan mana yang kita butuhkan dengan mana yang kita inginkan. Ini krusial karena banyak sekali orang yang tau akan hal ini tapi tidak banyak orang yang menerapkan prinsip ini. Sering sekali kita melihat sebuah barang entah itu dijalan di sosial media maupun di internet. Setelah kita melihat barang tersebut kita jadi membelinya padahal sebenernya barang itu bukanlah barang yang kita butuhkan.

Untuk menghindari hal ini terjadi lagi kalian bisa gunakan cara ini ketika kalian memiliki keinginan untuk membeli sebuah barang, tahan keinginan itu dalam waktu seminggu. Apabila setelah seminggu kalian masih menginginkan barang tersebut tahan lagi dalam waktu seminggu, jadi total 2 minggu. Setelah 2 minggu berlalu tapi kalian masih menginginkan barang tersebut, tahan untuk 2 minggu lagi jadi total 1 bulan. Ketika 1 bulan telah berlalu tapi kalian masih ingin membelinya, kalian bisa tanyakan ke diri kalian. Apakah kalian benar benar butuh barang tersebut atau barang tersebut bisa memberikan banyak manfaat untuk kalian. Jika iya kalian bisa membelinya, hal ini dapat meredam kalian dari pembelian impulsif sehingga kalian bisa gunakan uangnya untuk keperluan lain.

3.Jangan menambah cicilan konsumtif

Kalo kita liat dari profil diatas mereka tidak memiliki cicilan apapun, hal itu sangat bagus. Apabila mereka memiliki cicilan konsumtif itu tandanya biaya hidup bulanan mereka akan bertambah sehingga membuat uang yang bisa di “atur” menjadi lebih sedikit. Jangan sampai kalian menambah cicilan apalagi untuk hal yang sifatnya konsumtif seperti gadget. Apakah dengan gaji 2 juta kita tidak boleh mencicil sesuatu? boleh aja tapi sebaiknya jangan. Apabila kalian ingin berhutang usahakan kalo utang itu digunakan untuk hal yang produktif seperti membangun usaha. Kalo kalian benar ingin berhutang untuk modal usaha kalian harus baca artikel kita tentang cara cari modal usaha gratis. Dan juga jangan mencicil sesuatu yang besar cicilannya lebih dari 30% penghasilan.

4.Jangan membeli makanan diluar

Ini adalah tips cara mengatur gaji suami 2 juta yang dasar sekali bahkan mungkin semua orang tau akan hal ini. Tapi kita akan tetap membahasnya, kalo dihitung apabila 1,1juta dibagi untuk 30 hari itu sekitar 36rb/hari. Dengan uang segitu tidak bisa membeli makanan diluar karena kalo kita rinci lagi lebih dalam. Apabila kalian makan sehari 3x berarti kalian hanya punya budget 12rb untuk sekali makan, tidak ada cara lain selain masak sendiri karena akan lebih hemat.

5.Cari penghasilan tambahan

Selagi memaksimalkan uang yang ada, kalian jangan berpuas diri atau menerima mentah mentah keadaan. Apabila emang suami kalian saat ini baru bisa menghasilkan 2 juta perbulan, bantu ia berusaha untuk menghasilkan uang lebih. Seperti contohnya carikan pekerjaan part time untuk mengisi hari libur kerja, ataupun buka usaha bareng. Dengan begitu kalian bisa menghasilkan uang lebih banyak lagi untuk memenuhi kebutuhan hidup. Ataupun kalian bisa mencari uang untuk bantu suami, kalo kalian bingung kalian bisa baca artikel kerjaan sampingan dirumah. Kalian juga bisa baca artikel tentang cara mendapatkan uang dalam sehari tanpa modal.

Penutup

Mengatur keuangan memang bukan hal yang mudah apalagi ketika uang itu pas pasan, pasti akan membuat siapapun di posisi itu menjadi sulit. Tapi sulit bukan berarti tidak bisa dilakukan karena apabila kita disiplin dalam mengatur keuangan sambil mencari penghasilan tambahan. Pasti suatu saat nanti hidup kita akan berubah, harus sabar, mau kerja lebih keras lagi dan juga jangan patah semangat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.