Ide Bisnis Di Tahun 2022 Yang Pemula Bisa Lakukan!

Ini dia 3 ide bisnis di tahun 2022 yang pemula sekalipun bisa lakuin, jadi gak usah khawatir untuk pemula. Karena sebenernya ide ide bisnis ini udah ada dari dulu jadi kita akan bahas apa yang harus dilakukan berbeda di tahun ini. Kita juga akan bahas kenapa ide ide bisnis ini kesempatannya lebih menarik di tahun 2022. Dan kebanyakan dari ide ini bisa dilakuin dengan modal minim tapi kalo arus kasnya bagus kita bisa evolusi bisnis ini.

3 Ide Bisnis Di Tahun 2022

Semakin tahun semakin banyak orang yang ingin memulai bisnisnya sendiri, entah itu untuk sumber penghasilan utama atau sampingan. Hal ini tentunya baik karena bisa memajukan perekonomian masyarakat Indonesia, namun juga menambah persaingan yang semakin ketat setiap harinya. Karena hal itulah semua orang yang ingin memulai bisnis di tuntut untuk menjadi kreatif agar mereka dapat memenangkan persaingan di pasarnya masing masing. Namun ada juga orang orang yang ingin memulai bisnis tapi belum memiliki idenya, maka dari itu kita membuat artikel dan inilah pembahasannya.

PRODUK WHITE LABEL

produk white label 2022
produk white label 2022

Ide bisnis di tahun 2022 yang pertama adalah produk white label 2022, sebenernya ini udah ada dari beberapa tahun yang lalu. Tapi kenapa harus dilakuin di tahun ini karena sekarang produk produk white label tuh udah bagus bagus banget. Kalo kalian liat di marketplace botol tumblr itu banyak banget dan bagus dari segi produk serta harga. Karena sekarang informasi sangat mudah diakses kita jadi bisa cari tau berapa modal untuk 1 tumblr tersebut.

seperti contoh gambar diatas itu adalah contoh produk white label yang kalo kita cari harga modalnya bisa dapet 30ribuan. Kenapa white label ini menarik karena kebanyakan orang ketika mulai usaha bingung ingin jual produk apa? Gimana cara bikin produk bagus? gimana cara desain produk yang menarik?. Buat yang gak tau white label itu apa, jadi diluar sana ada produsen barang generik yang ngejual ke semua orang. Produk yang mereka jual itu gak ada merek jadi kalian bebas mau ngebrandingnya gimana, packagingnya gimana. Dan biasanya produk white label memang dibuat untuk reseller, jadi para reseller bebas mau jual dengan harga berapa. Beberapa contoh produk white label yang paling umum ditemukan adalah kaos, totebag, mug, botol tumblr, dan masih banyak lagi. Marketplace yang ngejual produk white label yang paling terkenal adalah alibaba.com. Kalian bisa temuin barang generik dengan harga yang menarik untuk dijual kembali.

Buat yang mau mulai awalnya harus ngapain? yang pertama harus dilakuin adalah tentuin produk apa yang mau dijual. Kalian bisa cari di google perusahaan yang ngejual produk white label. Setelah kalian tau apa yang mau dijual, yang harus dilakuin selanjutnya adalah membranding produknya. Karena ini adalah hal yang penting dalam bisnis ini untuk meningkatkan harga jual dari produk tersebut. Dan lebih enaknya lagi biasanya platform yang ngejual produk white label ini menyediakan jasa custom dan bisa order 1 produk. Jadi yang punya modal minim gak ada alesan lagi buat gak mulai.

FREELANCE JADI AGENSI

tips menjadi freelance
tips menjadi freelance

Ide bisnis di tahun 2022 yang kedua adalah freelance menjadi agensi, ini lebih gila karena gak butuh modal uang. Kalian hanya butuh skill yang bisa kalian pelajari di internet tapi freelance bukan sebuah bisnis sampai menjadi agensi. Namun kalo kita liat udah banyak banget agensi agensi yang bermunculan yang menyediakan jasa untuk pelanggan. Jadi disini kita akan kasih tips untuk membangun agensi di tengah persaingan yang semakin ketat.

1.Jangan main di market yang besar

Misalkan kalian punya skill desain grafis kalian kerucutin lagi desain grafis untuk pembuat konten youtube, atau untuk produk produk keuangan. sehingga persaingan kalian semakin sedikit karena kolam yang kalian pilih juga tidak besar untuk dimasuki banyak orang.

2.Bangun reputasi bukan portofolio

Bedanya apa? kalo portofolio kalian simpen sendiri hanya ditunjukkan ketika klien minta. Tapi kalo reputasi di jaman content creating kalian sebagai agensi harus memperlihatkan karya kalian di sosial media. Apalagi kalo karya kalian sampai dikenal banyak orang atau mendapat penghargaan, itu akan meningkatkan reputasi dengan pesat.

3.Berikan harga berdasarkan hasil

Kalo kalian membangun agensi dari seorang freelancer ada perbedaan cara untuk kasih harga. Misalkan saat kalian menjadi freelancer web developer kalian kasih harga untuk satu website adalah 3 juta. Tapi kalo di agensi kalian harus bisa memberikan nilai yang lebih misalkan “dengan desain web yang seperti dapat meningkatkan penjualan perusahaan anda 20%”. Sehingga klien akan lebih tutup mata soal harga ketika kalian dapat memberikan janji sebuah performa pada mereka.

Itu tadi tips memulai agensi dari seorang freelancer, kalo menurut kita ini adalah bisnis yang gak bakal mati. Karena sampai kapanpun orang akan membutuhkan jasa jasa seperti ini.

NICHE MARKET RETAILER

ide bisnis di tahun 2022 yang ketiga adalah niche market retailer, mungkin kalian bingung dengan namanya. Tapi intinya adalah berjualan online namun menjual produk produk untuk segmen tertentu saja bukan produk yang akan dibeli semua orang. Lupain “kalo jual produk ini pasarnya sedikit, pembelinya sedikit” dan lain lain. Maksud dari niche adalah kalo kalian misalkan mau jual makanan kalian persempit lagi jadi makanan untuk apa. Persempit lagi makanan besar atau makanan ringan, persempit lagi makanan untuk kelas ekonomi apa.

Sebenernya yang berbeda dari ide ide bisnis di tahun 2022, dengan tahun tahun sebelumnya adalah persaingan semakin ketat. Semakin banyak orang yang mencoba bisnis bisnis baru, jadi untuk pemula jangan mengincar suatu pasar yang besar. Karena dijamin di pasar yang besar kita akan kalah. Fokus ke pasar yang sempit namun sedikit persaingan karena dari situ kita bisa ekspansi bisnis kita menjadi besar. Contoh dari niche market retailer adalah kalian membuka petshop yang hanya menjual mainan hewan peliharaan.

Penutup dari Ide Bisnis di Tahun 2022

Dari ide bisnis tersebut bukanlah bisnis yang membutuhkan modal besar sehingga dapat dilakukan oleh orang yang pertama kali memulai usaha. Yang terpenting adalah menjadi kreatif untuk mendapatkan pelanggan, semoga artikel ini bermanfaat untuk kalian yang membaca. Apabila kalian tertarik dengan ide bisnis yang telah kita bagikan, lakukan lah sesegera mungkin karena ide akan percuma apabila tidak di praktekan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.