Cari Modal Usaha Gratis Langsung Cair!

Punya ide bisnis tapi gak ada modal? gimana caranya kita cari modal usaha gratis?. Disini kita akan bahas cara cari modal, pro dan kontranya, plus minusnya, dan apa yang paling bikin sukses bisnis kita. Karena gak semua modal diciptakan untuk tujuan yang sama pasti ada baik engganya mungkin kalian bisa cari tau mana yang paling cocok buat bisnis kalian.

Cari Modal Usaha Gratis

kalo kita liat di pencarian internet banyak banget orang yang mencari pinjaman modal usaha. Entah pinjaman tanpa riba, cari modal usaha tanpa jaminan, bantuan modal usaha gratis dari pemerintah sampai dana hibah gratis langsung cair. Banyak banget orang yang bilang kalo mereka punya ide bisnis tapi gak punya modal. Rasanya kaya permasalahan utama dari sebuah bisnis atau startup adalah modal, pertama kita harus patahin mindset ini dulu. Memang benar bisnis itu butuh modal untuk memulai ataupun untuk melakukan ekspansi bisnis. Tapi kalo kita sebagai entrepreneur orang yang kreatif dan punya semangat untuk menjalankan bisnisnya harusnya kita bisa dapetin modal itu.

Sebenernya ada 3 hal yang paling umum yang bisa kalian lakuin untuk memodali bisnis kalian. Mau bisnis kalian itu di level memulai, level ekspansi atau yang nilainya udah puluhan miliar. Mungkin ekspetasi kalian membaca artikel ini untuk mencari investor atau dapat modal dari pihak luar. Gak salah karena hal itu yang paling gampang istilahnya kita gak perlu keluarin uang untuk menjalankan bisnis kita sendiri. Fakta di lapangannya adalah bahwa hanya 6 persen startup yang bisa dapet investor tiap tahunnya. Kalo kita berharap bisnis kita menjadi salah satu dari 6 persen itu dan apabila kita gak jalanin bisnis kalo bukan bagian 6 persen tersebut. Pada akhirnya bisnis kita gak akan jalan dan selalu ingat kalo investor bukan jalan satu satunya jadi jangan berkecil hati.

1.Mendapatkan modal usaha gratis dari investor

modal usaha dari investor
modal usaha dari angel investor atau institusi

Cara cari modal usaha gratis yang pertama adalah dana dari investor. Simpelnya mendapatkan dana dari investor istilahnya kita menceritakan bisnis kita ke seseorang. Dan orang tersebut mau memberikan uangnya ke kita untuk menjalankan bisnis yang kita ceritakan. Yang dimaksud seseorang disini itu gak cuma satu orang, bisa juga badan seperti venture capital dan private equity. Mayoritas orang yang baru memulai usaha lebih memilih untuk mencari angel investors. Apa itu angel investor? yaitu orang atau perorangan yang punya uang banyak dan mau memberikan modal ke suatu bisnis.Kebanyakan dari investor ini akan meminta bagian dari bisnisnya bahkan sebelum bisnisnya dimulai.

Kelebihan Dari Modal Investor

Pro dari hal ini adalah kalian gak pake uang kalian sendiri dan kalo bisnisnya ternyata gak berhasil kalian gak tanggung resikonya sendiri. Investor investor yang punya banyak pengalaman tau kalo memodali suatu bisnis itu ada resiko kehilangan uang sampai benar benar nol. Pro lainnya adalah biasanya para investor juga memiliki pengalaman dalam menjalankan bisnis sehingga mereka bisa menjadi mentor untuk kita. Ini adalah metode yang paling diminati karena kalo dilihat dari benefitnya sangat menguntungkan.

Tapi metode ini juga salah satu yang paling sulit karena metode yang diminati banyak orang berarti kalian akan bersaing dengan mereka. Artinya banyak bisnis yang berbondong bondong mencari investor, setiap tahunnya akan ada bisnis baru yang mencari investor. Tantangannya adalah gimana caranya kita bisa dilirik oleh investor investor tersebut dibandingkan bisnis bisnis lain. kalian bisa cek juga artikel kita tentang cara mencari investor untuk usaha. Intinya kelebihan modal investor adalah gak pake duit sendiri, resiko lebih rendah, dan dapet mentor bisnis.

Kekurangan Dari Modal Investor

Kekurangannya kebanyakan dari investor akan meminta bagian dari bisnis kita, atau bahasa lainnya adalah punya saham. Itu berarti kita gak punya 100% bisnis kita, terus juga kalo investornya rewel mereka punya hak untuk terlibat dalam bisnis. Banyak juga orang yang menganggap bahwa “berarti kita adalah budak investor” apabila ada pemodal dalam usaha kita. Makanya ada banyak poin untuk nentuin investor mana yang cocok untuk kita, tapi kita gak akan bahas itu disini.

2.Bootstrapping

bootstrapping
modal dari kantong pribadi

Ini berlawanan dengan judul artikel yaitu cari modal usaha gratis karena bootstrap adalah modal dari kantong pribadi. Tapi ini adalah metode yang paling kita suka, di lapangan 75-85% startup memulai bisnisnya dengan bootstrapping. Perusahaan kaya shopify, gopro, facebook mereka tuh bootstrap, kalo dari contoh perusahaan tersebut mungkin akan ada pernyataan. Pernyataan bahwa mereka punya privilege banyak uang untuk memodali bisnis mereka sendiri, memang ada benarnya. Tapi privilege bukan satu satunya faktor penting untuk kita sukses atau engga, kita bisa ciptakan privilege itu.

Caranya gimana? ya kita mulai dengan kerja sebagai karyawan sambil kita mengumpulkan modal buat bisnis. Contohnya seperti nick woodman, founder dan ceo gopro, untuk ngebuat satu kamera gopro itukan mahal, jadinya dia sempet jualan perhiasan untuk memodali bisnis gopro ini. Sama seperti dua founder apple steve jobs dan steve wozniak, mereka menjual mobil van miliknya untuk memodali bisnisnya. Kalian akan selalu bisa mencari cara untuk menghasilkan uang, seperti dengan dropshipper atau menjual jasa yang bahkan itu gak butuh modal sama sekali.

Keuntungan Bootstrap

kenapa kita suka metode ini karena ada dua aspek, berarti kita sebagai entrepreneur punya kreatifitas untuk mencari cara agar bisa memodali bisnis kita sendiri. Yang kedua adalah kita bisa jadi lebih fokus untuk ngembangin bisnis dibandingkan kita harus kesana kemari cari investor belum lagi proses pitching dan lainnya. karena kalo kita menggunakan metode yang pertama itu membutuhkan proses yang lama, dibandingkan bootstrap yang notabenenya kita bisa langsung mulai. Dan juga kita punya 100% kontrol terhadap bisnis kita.

Kekurangan Bootstrap

Yang namanya menggunakan modal sendiri itu tandanya resiko ditanggung kita sendiri, jadi kalo bisnisnya gagal, duit kita hilang. Makanya money management disini penting, dan jangan pernah memulai bisnis menggunakan seluruh uang tabungan kalian. Seyakin apapun kalian akan bisnis itu, karena resiko akan selalu ada. Kalian juga akan sangat bergantung pada cashflow karena kalo bootstrap perputaran uang itu sangat penting. Data di lapangan mengatakan kalo 29% dari usaha kecil tutup karena perputaran uangnya tidak kuat.

3.Pinjaman Modal Usaha

pinjaman modal usaha
pinjaman modal usaha dari orang terdekat maupun dari bank

Dalam metode cara cari modal usaha gratis, ini adalah metode yang paling kita gak suka yaitu utang. Kita lepas mindset dulu kalo ngutang itu gak harus ke bank, ada banyak cara lain untuk berhutang. Data statistik juga menunjukkan kalo 77,6% umkm Indonesia belum dapat akses kredit bank jadi belum tentu juga mereka bisa dapat pinjaman modal. Kalo kita ngomongin utang itu tuh kita bisa dapetin dari keluarga, saudara, temen tapi harus bener ya ngutangnya. Apabila kalian memutuskan untuk mendanai usaha kalian dengan hutang, kita saranin banget. Untuk punya bisnis yang bisa diprediksi perputaran uangnya langsung dari bulan pertama.

Jadi misalnya kalian hutang 100juta untuk bisnis kalian bisa langsung prediksi kalo omzet bulan pertama kalian misalkan 10juta atau berapapun itu. Dan pastikan prediksinya tuh tepat karena untuk hutang kita punya kewajiban untuk mengembalikan uang itu. Beda dengan investor yang kita gak perlu bayar balik ke mereka, karena mereka tau resikonya dan mereka cenderung melihat ke depan. Tujuan prediksi ini adalah untuk mengetahui kemampuan kita membayar balik hutangnya tiap bulan.

Hutang Gak Selamanya Buruk

Banyak stigma bahwa utang itu jahat atau buruk, padahal gak selalu begitu. Kalo dalam konteks modal bisnis itu masuk kedalam kategori utang produktif. Selama kita bisa prediksi dan menjalankan bisnisnya dengan baik utang itu mungkin bisa kasih kita return yang besar. Misalkan kita menggunakan pinjaman modal dengan bunga 12-20% pertahun tapi dari bisnis itu kita bisa ngehasilin 200-300% kan bagus.

Resiko Hutang

Resiko apabila kita misalkan menggunakan pinjaman untuk modal usaha awal, hutang itu harus dibayar. Apabila kalian gak punya manajemen keuangan yang baik, kalian bisa terlilit hutang. makannya harus yakin banget di awal kalo kalian punya ide bisnis yang bisa di prediksi atau punya model bisnis yang baik. Jangan lupa juga kalo ide bisnis atau model bisnis yang baik itu gak cukup, eksekusinya juga harus bagus.

Mana Yang Terbaik Dari Ketiga Metode diatas?

Dari ketiga metode diatas dalam cari modal usaha gratis adalah dengan menggunakan ketiganya. Kalian gak salah baca, yang terbaik adalah menggunakan ketiga metode tersebut. Untuk memulai bagusnya bootstrapping, untuk mengembangkan kalian bisa gunakan dana investor. Untuk pinjaman modal usaha, kalian bisa gunakan untuk bagian dari bisnis kalian yang produktif misalkan stok barang. Jadi kalian gak perlu pakai uang kas usaha untuk menstock barang tapi barangnya harus bisa terjual ya! dengan begitu cashflow kita sehat. Bisnis yang bagus bisa menggunakan tiga metode ini untuk membuat bisnisnya menjadi sangat besar. Tapi saran kita adalah untuk memulai dengan bootstrap, cari investor untuk berkembang lebih cepat, dan gunakan pinjaman untuk hal yang produktif dalam bisnis kita.

Itu dia dari kita tentang cara terbaik untuk menggunakan modal bisnis biar bisnisnya sukses. Namun itu balik lagi ke kalian sebagai entrepreneur seberapa kreatif kalian dalam menggunakan modal tersebut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.