Cara Mencari Investor Untuk Usaha Dengan Benar!

Kalian yang punya usaha atau yang kepikiran mau buka usaha pasti pengen kan usaha kalian ada yang modalin. Entah itu buat memulai atau untuk mengembangkan bisnis, tapi cara mencari investor untuk usaha tuh gimana?. Kita mungkin denger di berita startup A dapet pendanaan jutaan dollar lah puluhan juta dollar lah dan sebagainya. Sebenernya konsep dalam cari modal usaha itu gampang, konsepnya emang gampang. Tapi proses sampai mendapatkan investor itu gak segampang itu.

Konsep itu harus kita jelasin dulu biar mudah untuk dipahami biar kalian dapet gambaran apa yang harus kalian lakuin. Mari kita bahas

Kapan Kita Mencari Investor Untuk Usaha?

Dalam cara mencari investor untuk usaha kita harus tentuin dulu nih kapan sih waktu yang tepat buat usaha kita cari investor?. Kita sangat merekomendasikan kalian mencari investor bukan untuk memulai usaha melainkan untuk mengembangkan usaha. Tapi bisa gak sih kalo mau mulai usaha cuma modal ide dapet investor? bisa aja. Gak menutup kemungkinan walaupun secara persentase jadi lebih kecil kesempatannya. Ada 2 hal yang menurut kita penting dalam hal mencari investor, yaitu menjual masa depan dan meyakinkan mereka bahwa kita mampu mencapainya.

Segampang itu, sama seperti apabila kita ingin membeli saham, kita pasti akan melihat gimana masa depan perusahaan tersebut. Kita liat juga orang orang dibalik perusahaan itu dan menilai orang orang tersebut bisa atau tidak membawa perusahaan ke masa depan itu. Sebenernya tuh sama kaya kita mau investasi sesuatu aja, kita kan berharap return di masa yang akan datang. Kalo mau ada investor menaruh uangnya di bisnis kalian, mereka harus tau dan percaya bisnis kalian punya masa depan cerah.

Menjual Masa Depan Bisnis Kepada Investor

Poin pertama dalam cara mencari investor untuk usaha adalah menjual masa depan bisnis ke investor. Sebenernya di poin ini tuh banyak caranya dan banyak founder menggunakan cara lain. Tapi yang paling simpel itu masalah-solusi mulai dari situ aja dulu. Untuk tau sebuah bisnis punya masa depan yang cerah atau engga bisa diliat masalah yang mau dipecahin. Masalahnya harus cukup besar terjadi di masyarakat dan gimana solusi yang kita berikan. Solusi harus menarik dan bisa diimplementasikan biar investor yakin kalo solusi yang kalian berikan beneran dibutuhkan di masyarakat. Sehingga investor berfikir bahwa bisnis kalian punya masa depan, karena masalahnya cukup besar dan memberikan solusi yang dibutuhkan masyarakat.

Data Pendukung Untuk Menjual Masa Depan

Dalam melakukan persentasi kepada calon investor kita membutuhkan data data pendukung. Seperti market size untuk melihat seberapa besar orang yang membutuhkan solusi ini dan seberapa besar pangsa pasarnya. Ini hal yang perlu dalam cara mencari investor untuk usaha, karena dengan data ini kita bisa lebih meyakinkan para calon investor. Buka data referensi global atau perusahaan sejenis yang udah duluan ada dan sukses. Karena biasanya ide yang kalian temukan itu bukan ide pertama, pasti udah ada orang lain yang merealisasikannya. Seperti gojek dan grab kalo kita liat di luar negri itu ada uber, yang udah duluan dan berhasil. Dengan membuka data performa uber kita jadi bisa lebih meyakinkan investor karena sudah ada yang mecahkan masalah tersebut dan berhasil. Kemungkinan besar dengan adanya contoh kita pun bisa melakukan hal itu.

Meyakinkan Investor Untuk Investasi Di Bisnis Kita

Dalam cara mencari investor untuk usaha yang paling sulit adalah meyakinkan mereka bahwa masa depan itu bisa dicapai. Mewujudkan masa depan yang kita jual dengan resiko yang rendah itu hal yang sangat kompleks. Kalo investor mau taruh uang mereka harus memastikan cara kita mewujudkan masa depan itu dengan risiko yang sudah diminimalisir. Karena investor mau uang mereka berkembang dengan melakukan investasi di bisnis kita.

Dalam hal ini yang diliat oleh investor adalah siapa foundernya apakah punya pengalaman di bidang tersebut. Terus juga apakah angka yang kalian perlihatkan dalam persentasi itu masuk akal atau engga. Kalo kalian mencari investor sebelum bisnisnya jalan, dengan 2 hal ini pun investor akan cukup yakin. Tapi mereka lebih senang apabila bisnisnya udah jalan dulu, atau udh punya traction walaupun di skala kecil. Jadi investor punya pemikiran bahwa “di skala kecil mereka sukses mungkin kalo ditaruh uang mereka bisa lakuin pada skala besar”. Sehingga mereka yakin founder dan tim di dalamnya beneran bisa menjalankan bisnisnya.

Soft Skill Yang Penting Dalam Cara Mencari Investor Untuk Usaha

Dua konsep tersebut bisa dilakukan untuk mayoritas bisnis, mindset yang harus di tanemin adalah masa depan, jangka panjang. Karena investor tau uang yang mereka taruh akan berkembang dalam jangka panjang. Maka dari itu ada skill skill yang penting dalam cara mencari investor untuk usaha. kemampuan tersebut yaitu skill negoisasi, skill komunikasi, dan skill public speaking. Karena pada akhirnya sebagus apapun idenya kalo gak bisa dikomunikasiin ke investor ya gak akan ada kata deal.

Itu adalah tadi hal hal yang kalian butuhkan dalam mencari investor, semoga kalian paham dan makin jelas tentang hal ini. Untuk hal teknis kita gak akan bahas disini karena ini lebih ke gambaran besar secara umumnya agar kalian paham dengan konsepnya. Gimana kalian tertarik kah untuk mencari investor?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.