Cara Bangun Startup : Hal Hal Yang Harus Diketahui!

Hal hal penting yang mungkin kalian harus tau sebelum kalian membangun sebuah perusahaan rintisan. Ngebangun startup itu berbeda dengan yang banyak orang lain pikirin, yang harus dipelajari sebenernya banyak banget. Tapi kita akan kasih tau 3 hal penting yang harus kalian tau sebelum membangun startup, mari kita bahas di cara bangun startup.

Cara Bangun Startup

Sebelum ke 3 hal tersebut kita harus bahas kenapa itu penting dan kenapa harus kalian tau sebelum kalian membangun startup. Pada kenyataannya sebagian besar perusahaan rintisan yang ada itu gagal, kebanyakan dari kita tuh ngegampangin startup. Karena kita denger berita berita tentang startup di Indonesia yang udah jadi unicorn lah, decacorn lah, di invest lah. Yang ada di berita tentang startup adalah hal hal yang bagusnya doang, kalo startupnya bangkrut atau hancur lebur lah itu gak terlalu banyak yang ngeberitain. Yang fatal dari dunia media sekarang adalah lebih banyak ngebahas pencapaian dibandingkan proses atau hal hal susahnya.

Langsung aja kita bahas, tapi perlu dicatat ini adalah opini semata dan tiap orang mungkin berbeda cara melihatnya.

1.Bangun Startup Itu Susah

bangun startup itu susah
bangun startup bukan sebuah hal yang mudah untuk dilakukan

Hal pertama yang harus kalian tau sebelum membangun startup adalah susah, apalagi kalo udah di level jutaan dollar. Karena biasanya di level ini kita udah di tahap investasi, artinya udah ada investor di dalam bisnis kita dan berarti kita udah gak pake uang kita sendiri. Bisa gak kalo kita pake uang sendiri? bisa banget, mungkin bisa sampe jutaan dollar atau ratusan juta dollar, bisa banget. Tapi tujuan masuknya investor yaitu untuk mempercepat perusahaan kita berkembang.

Kenapa bangun startup itu susah? 90% dari startup itu gagal, kenapa? banyak banget alasannya sebenernya. Beberapanya adalah karena model bisnisnya, timnya kurang optimal, timingnya gak pas, uangnya habis. Tapi yang bikin susah adalah kalo bangun startup kita harus ngebuktiin ketidakpastian. Kebanyakan dari startup itu punya ide yang di rasa bakal bermanfaat untuk masyarakat luas. Dari startup skala kecil sampai menengah itu adalah waktu dimana kita ngebuktiin bahwa teori kita benar atau tidak. Dan yang bikin susah adalah sebagai founder kita harus bisa cepat beradaptasi terus dengan apa yang pasar butuhkan.

Salah satu susahnya ngebangun startup adalah membangun tim untuk bergerak ke satu arah yang kita cita citakan dengan cepat. Sedangkan bisnis konvensional apabila lagi turun atau naik yang penting adalah bisnis tersebut masih menghasilkan keuntungan. Kalo di startup level menengah kita tuh punya target untuk berkembang sekian persen per bulan, per tahun. Jadi kalo market lagi kurang mendukung, sebagai founder kita harus kreatif cari cara agar tetap bisa naik. Gimana caranya kita adaptasi untuk ngejadiin market yang lagi gak mendukung untuk bikin startup kita naik.

BUTUH WAKTU LAMA

Bangun startup itu makan waktu yang lama, mungkin menghabiskan waktu kita paling banyak. Jadi waktu kita 24 jam itu kabanyakan dihabiskan untuk memikirkan gimana caranya bikin startup kita naik. Mikirin apa sih yang bisa dilakuin biar kita bisa terus beradaptasi sama keadaan untuk kita berkembang secara konsisten. Kalo startup udah di level menengah kita gak cuma mikirin tentang produk aja. Banyak hal lain seperti manajemen organasasi, legal, administrasi, sistem HR.

Kenapa poin ini jadi penting karena jangan sampai kalian memulai startup dengan mentalitas yang salah. Susah banget tapi kalo kita gigih dan mau kerja lebih keras, pasti bisa.

2.Startup Yang Hebat Butuh Tim Yang Hebat

tim hebat
tim yang hebat akan menghasilkan perusahaan yang hebat

Hal penting dalam cara bangun startup adalah tim, tim adalah segalanya. Mungkin kalian pernah denger kalo “execution is king”, siapa yang ekseskusi lah yang juga hal penting. Karena pada akhirnya walaupun startup punya uang yang banyak, ide yang bagus banget, kalo gak ada orang yang bisa eksekusi hal itu dengan baik, akan mati juga. Ada pepatah bahwa 5 orang pertama dalam startup adalah orang yang nentuin perusahaan itu bisa mencapai ke level menengah atau tidak.

Tim yang dimaksud bukan berarti kita harus punya sarjana ini, harus punya orang kaya gini bla bla. Perusahaan rintisan itu gak bisa ditebak, jadi tim yang harus kalian punya adalah tim yang punya visi yang kuat dan bisa beradaptasi. Kalo secara perorangan adalah orang yang bisa beradaptasi. Dalam membangun startup mungkin kalian akan mengalami dibilang kalo idenya berubah rubah terus dan lain sebagainya. Dan tugas kita sebagai founder lah yang harus mengkomunikasikan hal itu.

Sebagai tim kita harus punya mentalitas siap banting stir apabila ide atau cara yang kita rencanakan gak berhasil. Inilah yang harus kita baca dari orang yang ingin kita masukan ke perusahaan kita. Tim yang hebat lah yang bisa mengalahkan perusahaan rintisan lain yang memiliki modal lebih besar tapi timnya gak bagus bagus amat. Hal ini di konfirmasi oleh beberapa VC dan beberapa investor bahwa hal yang pertama dilihat adalah foundernya dan timnya, apakah mereka mampu atau tidak menjalankan perusahaan ini.

Bangun lah tim yang kuat, yang tahan banting, cepat beradaptasi, dan semoga itu akan membawa perusahaan kalian ke level selanjutnya.

3.Jangan Kejar Uangnya Dalam Membangun Startup

Hal yang paling penting dalam cara bangun startup adalah jangan kejar uang, jangan punya mentalitas cepat kaya. Realitanya kalo kalian bangun startup kalian gak bakal kaya di awal, malah kalian bakal susah susahan. Kalian bahkan menggaji diri sendiri gak setinggi apa yang lu ekspetasikan. Emang kalian kira startup yang di invest sampai jutaan dollar bahkan ratusan juta dollar, dengan gampangnya mereka menggaji foundernya ratusan juta bahkan miliaran. Kalian harus tau bahwa bayaran kalian terbesar dalam bangun startup adalah di akhir ketika perusahaan udah berkembang dan bisa IPO atau diakuisisi perusahaan lain. Itu adalah pencapaian akhirnya, kalo uang di awal itu jarang sekali terjadi. Kalian bisa cari di berita bahwa para founder startup awalnya menggaji diri mereka sangat kecil.

Jadi jangan punya mindset membangun startup karena ingin kaya cepet, justru kalian harus punya mentalitas dan mindset all in. Gimana cara ngegedein perusahaan ini secepat mungkin dan sebesar mungkin. Dan kalo investor masuk mereka tuh memiliki ekspetasi uang itu dipake untuk memperbesar perusahaan secepat dan sebesar mungkin. Bukan untuk bayar foundernya, jadi jangan kejar uang selama membangun. Takutnya dengan mentalitas seperti itu kalo nanti gak ada uangnya diawal malah jadi gak termotivasi, berhenti di tengah jalan dan bangkrut.

Alasan Bangun Startup

Banyak dari perusahaan rintisan yang berhasil memiliki alasan awal membangun yang kuat untuk berdampak ke masyarakat. Sehingga tujuan mereka jelas, dengan atau tanpa uang pun tujuannya tetap sama. Jadi mereka bisa terus termotivasi untuk mencapai tujuan itu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.