Cara Bangun Bisnis Dari Nol Sampai Menjadi Besar!

Sebenernya di artikel kali ini kita akan membahas beberapa konsep atau teori tapi ini dari pengalaman pribadi. Tapi berdasarkan pengalaman, jadi kita menggunakan rencana bisnis atau komponen bisnis dari pengalaman kita. Karena banyak orang disana yang mengajarkan cara bangun bisnis dari nol menggunakan executive plan, bisnis model canvas dan lain lain.

BUAT RENCANA YANG SIMPEL

cara bangun bisnis dari nol yang terbaik adalah buat rencana yang simpel, apalagi di zaman sekarang. Mungkin dulu kita harus punya rencana dari a-z, lalu mencari pendanaan lalu baru eksekusi. Pendekatan yang mau kita kasih tau adalah bangun bisnis dari nol dengan rencana seminimal mungkin. Karena eksekusi bisnis yang bikin kita sukses adalah eksekusi yang dilakukan secara cepat, dapat feedback dan diulangi terus. Dan menurut kita ini juga bisa dipakai untuk membangun bisnis yang nilainya ratusan sampai milyaran rupiah.

Apa Itu Bisnis?

secara definisi bisnis adalah organisasi untuk mencari profit dengan menjual barang/jasa. Jadi kata kuncinya itu ada 3 yaitu organisasi, profit dan barang/jasa. Bukan sebuah bisnis kalo kita gak punya organisasi. Misalkan seperti content creator/ freelancer, sulit untuk dibilang bisnis karena lebih cocok disebut self employement/wirausaha. Mungkin rata rata disini udah paham lah apa itu bisnis, punya gambaran bisnis itu seperti apa.

Bagaimana Cara Bangun Bisnis Dari Nol

Langkah pertama yang kita harus lakukan dalam bangun bisnis dari nol adalah cari ide bisnisnya. Kita perlu tau kalo kita mau bangun bisnis apa, setelah kita tau lanjut ke langkah berikutnya. Kalo di bisnis model canvas ada banyak banget komponen bisnis tapi kita disini buat simpel aja jadi cuma produk, marketing dan operasional. Kita akan bahas satu satu komponen ini dan hal hal apa aja yang harus kita perhatiin dalam tiga komponen tersebut.

Produk

produk dalam bisnis
memilih produk yang akan dijual

Setiap bisnis harus memiliki sesuatu yang ditawarkan kepada calon konsumen, ada 2 jenis produk yaitu barang dan jasa. Gak ada masalah diantara dua duanya kalian bebas pilih jenis produk kalian. Kalo kita ngebahas produk yang penting kita tau apa yang kita tawarin gak perlu tunggu sempurna dulu baru dijual. Hal penting yang menurut kita harus dalam produk adalah unit economics. Apa itu unit economics? unit economics arti simpelnya yaitu harga modal, misalkan jual produk seharga 10ribu harus dipastikan harga modalnya dibawah 10ribu.

Kata kunci dalam bisnis yang kedua adalah mencari profit, nah unit ecnomics inilah yang menentukan nantinya bisnis kalian bisa menghasilkan keuntungan atau tidak. Misalkan kita ngejual barang seharga 100ribu terus harga modalnya 40ribu nah kasarnya produknya punya 40% COGS (Cost Of Good Sold). Apa itu COGS? COGS adalah harga yang harus kita bayar untuk menjual suatu produk. Kenapa unit economics penting karena memberikan “ruang bermain” untuk kita. Misalkan cogs produk kita adalah 40% berarti kita punya 60% profit untuk digunakan hal lain seperti marketing, operasional dan sebagainya. Kalo misalkan cogs produk kita terlalu tinggi kita akan sulit untuk berkembang.

Itu dia singkatnya bahasan kita tentang produk yaitu tentukan apa produknya, tentuin unit economicsnya.

Marketing

tips marketing
tips marketing bisnis dari nol

Komponen kedua adalah marketing, ini aspek krusial dalam bisnis yang baru ada di tahap awal bisnis. Menurut kita marketing lebih penting dari produk karena di saat kita menjual produk kita langsung dapet feedback dari konsumen. Misalkan kita menjual produk dan konsumen bilang bahwa produk kita bagus tapi ada hal yang perlu di tingkatkan. Itulah hal yang kita butuhkan dalam mengembangkan sebuah produk dan itu menjadi lebih valid ketika konsumen kitalah yang bilang sendiri. Simpelnya marketing tuh ada 2 yaitu inbound marketing dan outbound marketing. Inbound marketing itu contohnya kalian membuat sosial media, membuat konten di sosial media, membuat iklan dan sebagainya. Sedangkan outbound marketing itu kalian yang kontak duluan misalkan, nawarin ke temen dan sebagainya jadi intinya kita kejar calon konsumen kita. Mungkin di lain artikel kita akan bahas lebih lanjut soal marketing.

Operasional

operasional bisnis
tips untuk operasional bisnis kecil

Setelah kita tau kita mau ngejual produk apa, gimana cara jualnya, yang ketiga tuh gimana bisnis kita bisa beroperasi. Yang penting dari hal operasional adalah pastikan kalian tidak berjalan sendiri, seperti kata kunci bisnis yaitu organisasi. Setiap ada proses bisnis yang berjalan pastikan ada orang yang melakukannya dan pikirkan gimana cara membuat sistem. Kalo misalkan di awal kita gak punya modal untuk membayar karyawan, gapapa. Yang penting kalian punya mindset kalo bisnis itu adalah organisasi yang mencari profit. Dan sistem operasional yang harus selalu ditanam di pemikiran agar kita tidak terjebak dalam lingkaran operasional dimana hanya kita sendiri yang mengerjakan.

Tanpa sistem operasional yang baik bisnis kita bisa terancam stagnan atau tidak berkembang. Karena ini juga yang menentukan potensi kita bisa membangun bisnis sampai sebesar apa. Jika sudah bisa untuk membayar karyawan, biasakan untuk mencari orang yang menggantikan kita dalam operasional. Walaupun apabila kita membayar karyawan untuk melakukan sebuah pekerjaan hasilnya tidak sama 100% dengan hasil yang kita kerjakan. Karena kalo kita bisa luangkan waktu kita bisa pakai waktu kita untuk memikirkan bagaimana caranya mengembangkan bisnis.

Kesimpulan

Sebenernya simpelnya cara bangun bisnis dari nol itu cuma ada 3 bagian yaitu produk, marketing dan operasional. Langkah pertama bikin rencana simpel, langkah kedua buat Minimum Viable Product (MVP), Langkah ketiga kita jual produknya secepat mungkin dan dapatkan feedback sebanyak mungkin. Dan itu kita ulangi terus sampai bisnis kita berkembang, setidaknya itu adalah pengalaman kita dalam cara bangun bisnis dari nol.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.