Bisnis Tanpa Modal, Begini Cara Mulainya!

Gue sering banget denger orang mau mulai usaha, tapi gak mulai mulai karena gapunya modal. Gue gak setuju sama kalimat “gue gabisa mulai usaha karena gak punya modal yang besar. Kalimat tadi itu ada benar dan salahnya, salahnya “gak punya modal yang besar”. Menurut gue kalimat itu salah total karena gak semua usaha butuh modal yang besar. Tapi “semua usaha butuh modal”  itu bener, tapi bentuknya modalnya bukan uang. Mari kita bahas lebih lanjut tentang bisnis tanpa modal.

Bisnis Tanpa Modal : Bisa gak sih?

Orang yang punya bisnis disebut entrepreneur, kalo kita terjemahkan ke bahasa Indonesia artinya pengusaha. Jadi sebenernya modal paling besar yang kalian harus punya adalah “usaha”. Sehingga modal paling besarnya bukan uang karena bukan penguang. Tapi perlu dicatat memang kalo orang mempunyai modal yang besar untuk memulai usaha memang kelebihan. Bisa membangun bisnis lebih mudah, lebih minim resiko, dan lebih cepat berkembang. Dibandingkan dengan orang yang memulai bisnis tanpa modal uang yang besar.

Tapi hal itu gaboleh di jadikan tameng atau alasan untuk kalian tidak memulai usaha, karena uang bukan segalanya untuk membangun bisnis. Ini adalah cara untuk mematahkan stigma “gimana cara membangun bisnis yang besar kalo gak punya modal yang besar”. Semua ide bisnis yang gede banget pada awalnya bermula dari hal yang kecil. Jadi untuk pertanyaan bisnis tanpa modal, bisa gak sih? bisa. Kalo kalian mau berusaha lebih keras.

Mulai Dari Kecil

Mimpi besar mulai dari hal kecil
Mulai dari yang paling kecil

Gue langsung pake simpel studi kasus, misalkan bisnis F&B buatan jerome polin dan jehian yaitu menantea. Kalo kalian ingin memulai bisnis yang sejenis seperti itu kalian misalkan membutuhkan modal 600 juta. 200 juta buat toko, 200 juta untuk marketing dan 200 juta untuk operasional.

*angka hanya contoh tidak mencerminkan nilai asli

Pertanyaannya kalian punya gak modalnya? kalo kalian gak punya modalnya, bukan berarti kalian gak bisa eksekusi ide bisnisnya. Kalian bisa memulai dengan hal yang lebih kecil misalkan kalian memulai dengan jualan gerobakan dan tanpa karyawan. Tapi kalo mulai dengan gerobakan pun kalian gak punya modalnya. Masih bukan berarti kalian gak bisa eksekusi, Kalian masih bisa memulai misalkan dengan ngebuat tehnya dulu di dapur sendiri, dan membeli semua bahannya ke pasar. Memulai dengan gelas plastikan yang harganya mungkin cuma 200 perak per satu buah, dan kalian mulai coba jual ke temen temen kalian. Dan dari situ kalian bisa minta feedback dari temen temen kalian, misalkan temen kalian suka kalian bisa minta promosiin di media sosial.

Kalian lakuin terus sampe produk kalian banyak yang suka dan masih berjualan dari rumah dengan sistem antar. Dengan cara ini kalian bisa memulai bisnis tanpa modal uang yang besar. Kalian hanya harus memberikan usaha yang lebih untuk membangunnya.

Gak Ada Alasan Untuk Tidak Memulai

Itu tadi adalah contoh dimana semua bisnis besar bisa dimulai dengan hal kecil. Tapi misalkan ada yang bilang, “gua aja beneran gak ada modal uang sama sekali”. “Gak punya dapur untuk coba coba bikin produknya”, kalian bisa memulai dengan bekerja di toko F&B yang udah berjalan. Dari situ kalian bisa tau prosesnya, cara berbisnisnya, resepnya dan uang untuk modal kalian usaha nanti.

Mungkin disini kalian ngerasa kalo judulnya terlalu clickbait, toh ujung ujungnya butuh modal juga. Yes memang butuh modal tapi kalo kalian menikmati perjalanannya dari mulai kerja di perusahaan F&B. Uang hasil kerja kalian coba coba untuk bikin produk di dapur kalian sendiri, terus berjualan online. Terus nanti sampe bisa bikin gerobakan lalu buka toko fisik sampe bisa bikin beberapa cabang, itu akan sangat setimpal. Kalo di omongin memang terkesan mudah walaupun pada kenyataannya sulit untuk dilakukan. Udah banyak banget diluar sana yang ngebuktiin orang bisa mulai bisnis tanpa modal uang yang banyak sampe akhirnya sukses. Karena bisnis bisa dimulai dari hal kecil yang kita bisa lakuin sekarang, jangan memaksakan apabila memang gak punya modal yang besar. Kalian selalu bisa pecahkan bisnis yang besar ke hal hal yang kecil, lalu kalian bisa cari yang bisa kalian lakuin sekarang.

Entrepreneur Bukanlah Pekerjaan

gue pernah denger satu kalimat dari pebisnis serta politikus tanah air yang namanya sangat terkenal. Dan sekarang beliau sedang menjabat jadi Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (artikel dibuat pada maret 2022) yaitu Bapak Sandiaga Salahuddin Uno. Beliau berkata bahwa Entrepreneur bukanlah sebuah pekerjaan melainkan mindset atau pola pikir, mindset untuk bekerja keras, kerja cerdas, pantang menyerah. Jadi saat ingin memulai bisnis tanpa modal uang yang besar, yang kalian harus punya adalah mindsetnya atau pola pikirnya serta keinginan untuk berusaha keras.

Jadi gue berharap siapapun yang baca ini dan mau memulai bisnis tanpa modal uang yang besar tidak lagi menjadikan itu sebagai alasan untuk tidak memulai.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.