Bisnis Modal 1 Juta, Begini Cara Mulainya Sampai Besar!

Kalo punya uang 1 juta gimana cara mulainya? kita mau kasih perspektif gimana caranya mulai bisnis modal 1 juta. Kita disini harus paham dulu bahwa cara memulai bisnis dengan modal kecil dengan mulai bisnis menggunakan modal besar beda caranya. Tapi apakah bisa kita mengatur bisnis dengan modal 1 juta ini dan menjadi besar? bisa banget.

Maksimalin Bisnis Modal 1 Juta

Kalo kita mau bangun bisnis modal 1 juta harus bisa maksimalin modal kita dan sangat bergantung pada arus kas. Berbeda dengan mulai bisnis dengan modal besar misalnya puluhan juta atau ratusan juta yang bisa tetap berjalan awal awal tanpa ada arus kas.

Kita akan bagi artikel ini menjadi 5 bagian yaitu, Ide Bisnis, Riset, Produk, Pemasaran Dan Operasional. Masing masing udah disesuaiin untuk modal yang minim.

Ide Bisnis

ide ide bisnis
ide bisnis yang realistis untuk dijalankan

Kalo kita bangun bisnis modal 1 juta kita gak bisa langsung punya ide misalkan langsung buka toko atau bikin kantor. Atau juga kita gak bisa langsung stock barang banyak, jadi kita harus cari ide yang bisa kita lakuin dari rumah. Yang bisa dijual secara digital dan kalo bisa produknya gak harus kita punya atau stok. Kita bisa memulai ide bisnisnya dari keresahan pribadi, coba kalian cari tau keresahan sehari hari kalian. Atau bisa kalian mulai dengan apa sih yang kalian suka? atau barang yang dulu kalian pernah jual.

Biasanya sesimpel melihat makanan favorit kalian tuh apa atau barang yang sering kalian beli. Kita sebenernya boleh aja punya ide bisnis seperti membangun restoran atau punya toko baju yang keren. Tapi kita harus bedah menjadi hal hal kecil yang bisa dilakuin dengan perlengkapan yang kalian punya atau skill yang kalian punya. Misalkan kita punya ide bikin restoran, kita bisa mulai dengan hal kecil seperti masak sendiri di rumah terus dijual secara online.

Untuk bagian ini cuma sedikit aja sebagai intro, kalian gak harus melimitasi ide kalian. Kalian cuma harus mencari ide yang realistis untuk memulai, dan biasanya itu yang paling dekat dengan keseharian kita.

Riset

riset bisnis
lakukan riset pasar dan kompetitor

Untuk riset bisnis modal 1 juta, kita gak bisa melakukan banyak percobaan atau eksperimen sebanyak mungkin. Kalian bisa lakuin dua hal yang mudah yaitu riset pasar dan riset kompetitor. Apa bedanya riset pasar dan riset kompetitor?

Kalo riset pasar itu fungsinya untuk melihat ide kalian tuh emang ada peminatnya atau engga. Misalkan kalian punya ide untuk jualan cireng, cari tau di sekitar kalian ada gak yang mau beli cireng kalian atau banyak gak sih yang suka cireng. Cara mudahnya kalian bisa cek di aplikasi pesan makanan online seperti gojek dan grab. Ada gak sih yang jualan cireng di sekitar kalian dan gimana penjualannya. Apapun cara yang kalian lakukan yang penting dalam riset pasar adalah untuk menjawab produk kalian tuh bisa kejual gak sih?. Ada juga satu cara yang mudah yaitu tanya calon pembeli kalian misalkan temen kalian. Misalkan respon mereka positif dan mau beli kita bisa langsung ke tahap selanjutnya yaitu riset kompetitor.

Riset kompetitor harusnya lebih mudah karena kita bisa langsung liat diluar sana gimana cara orang yang udah jualan cireng duluan. Cari tau hal hal seperti rasanya gimana? harganya berapa? cireng seperti apa yang lebih laku?. Kumpulin data yang banyak dari kompetitor kalian agar kalian bisa meminimalisir resiko.

Kebanyakan dari bisnis modal kecil tidak memiliki budget untuk riset dan pengembangan, jadi kebanyakan menggunakan ATM. Amati, tiru dan modifikasi jadi liat aja kompetitor kalian kenapa sih mereka bisa jualan cirengnya laku. Sehingga kita bisa meminimalisir resiko sebelum masuk ke tahap selanjutnya dan juga punya gambaran kalo ide kalian tuh bisa dijual apa engga.

Produk

Produk bisnis
produk yang memiliki unique selling proposition

ini yang sulit dilakukan dari mulai bisnis modal 1 juta, yaitu maksimalin 3 aspek ini. kita sendiri punya aturan 40-40-20, 40% untuk produk, 40% untuk marketing dan 20% untuk operasional. Berarti kalo dari 1 juta budget kita untuk produk adalah 400ribu, untuk awal kalian jangan berharap untuk stok produk yang banyak. kita tidak menyarankan untuk stok produk yang banyak, uangnya lebih baik kita pake untuk mencoba buat produk. Kalo kita pake ide cireng tadi berarti kita pake uangnya untuk membuat cireng yang enak dan banyak yang suka.

Dan untuk jualannya kita awal awal menggunakan sistem Pre-Order karena untuk bisnis modal kecil harus perhatiin arus kas.Jadi dari 400ribu itu kita udah dapetin kemasannya gimana, produknya gimana dan bahan mentahnya gimana. Sedikit aja untuk memulai, tapi gimana kalo ada yang order banyak. Maka dari itu sistem Pre-Order ini cocok banget buat bisnis modal kecil, jadi kalian bisa buka per batch. Dengan begitu kalian bisa dapet uang diawal untuk membuat orderan.

Kalo bisnis modal 1 juta kalian jangan berharap stok banyak produk diawal terus produknya habis terjual dalam waktu cepat. Dalam produk ada 2 hal yang harus diperhatikan yaitu Unique Selling Proposition (USP) dan Unit Economics. USP untuk membuat pembeda produk kalian dengan produk yang dijual kompetitor. Sedangkan unit economics intinya misalkan kalian jual cireng 5ribu per bungkus, kalian bedah biayanya. Hitung modalnya seperti acinya berapa? biaya masaknya berapa? kemasannya berapa?. Perhitungan ini untuk memastikan kalian punya net profit margin atau untung bersih yang sehat. kita saranin untuk set untung bersih diatas 40% dari harga jual tapi juga harus pertimbangkan harga yang bersaing.

Dari sini kalian udah kebayang seperti produknya begini, kemasannya begini dan harga harganya begini. Modal diawal tuh akan banyak dihabiskan untuk riset dan stok barang sedikit dan itu gapapa, karena kalian bisa pake sistem Pre-Order.

Marketing

marketing bisnis
tips marketing bisnis

Kebanyakan orang kira di tahap ini dengan budget 400ribu langsung dipake buat promosi. Jadi marketing itu ada 2 menurut kita yaitu fondasi dan distribusi, kita gak saranin kalian pake semua budget kalian untuk distribusi. Misalkan dipake untuk iklan di instagram atau endorse influencer karena kalo bisnis modal 1 juta lebih penting itu fondasinya. Jadi lebih baik untuk kalian yang gak terlalu handal dalam soal desain kalian bisa bayar desainer untuk benerin lapak online kalian supaya keliatan lebih menarik. Itu lebih baik dari distribusi, karena untuk distribusi ataukenalin produk kalian ke pasar itu banyak banget cara yang gratis. Misalkan kaya tawarin ke temen, titip produk dimana, masuk ke komunitas, dan lain lain. Kita lebih saranin untuk memberikan tampilan lapak online yang bagus karena itu adalah tempat orang pertama kali ngeliat brand kita. Terus lakuin distribusi atau pengenalan produk menggunakan cara cara yang gratis diawal.

Operasional

operasional bisnis
tips operasional bisnis dengan modal kecil

Dana operasional untuk bisnis modal 1 juta itu sebenernya sesimpel dana darurat untuk awal awal. Hal yang penting dalam operasional bisnis modal 1 juta adalah pencatatan keuangan, karena bisnis modal kecil sangat bergantung dengan arus kas. Jadi kalian tidak boleh menganggap sepele soal ini, dan pencatatan pun punya banyak manfaat untuk bisnis. Misalkan kalian dapet uang dari PO lalu uangnya dibelikan bahan untuk buat orderan, lalu nanti kita bisa tau untung yang dihasilkan berapa. Dan dari situ kita bisa menentukan mau digunakan untuk apa untung tersebut misalkan untuk diputar sebagai modal lagi. Sehingga kalian bisa menerima orderan yang lebih banyak atau bisa menggunakan sistem stok barang jika untungnya sudah mulai membesar. Dengan begitu modal kalian akan menjadi sangat besar dan ketika semakin berkembang kalian bisa fokus membuat channel distribusi yang baru.

Jadi itu kurang lebih gambaran besar memulai bisnis modal 1 juta dari kita, dan bukan berarti cara yang kita kasih bisa cocok dengan kalian. Untuk pertanyaan bisa gak sih mulai bisnis modal 1 juta? bisa, lebih sulit iya, lebih lama iya tapi bisa dilakukan. semoga ini bisa kasih kalian gambaran untuk yang mau mulai bisnis dengan modal kecil.

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.